2 Hal Sederhana Menjaga Kebersihan Lingkungan yang Harus Dilakukan
Sukron Abdilah
Rabu, November 25, 2020, 00:56 WIB
Last Updated 2021-04-13T19:57:07Z
Lingkungan

2 Hal Sederhana Menjaga Kebersihan Lingkungan yang Harus Dilakukan

Advertisement


Siapa yang tak suka dengan tubuh yang bersih, lingkungan yang nyaman, dan kesegaran diri yang bercahaya? Kita semua pasti mendambakan hidup dalam perasaan nyaman, aman, dan tentram; dan hal itu bisa diperoleh ketika diri kita bersih, kamar dan ruangan di dalam rumah bersih dari debu dan kotoran, sehingga udara yang dihirup menjadi segar.

Pandangan mata pun terasa indah, tamu yang berkunjung merasakan kenyamanan luar biasa, dan utamanya seluruh anggota keluarga menjadi betah tinggal di dalam rumah.

Allah Swt., berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai sikut, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah…” (QS. Al-Maidah [5]:6).

Berikut hal sederhana terkait dengan kebersihan diri dan lingkungan sehingga dengannya kita akan meraih pahala dari Allah.

1. Rajinlah membersihkan lingkungan sekitar rumah Anda.


Sebagai manusia, naluri kita akan merasakan kenyamanan kalau berada di lingkungan yang bersih. Apalagi kalau di sekitar kita terdapat taman dengan pepohonan yang hijau daunnya rimbun akan terasa sejuk dan jernih di mata. Dengan udara terasa menyegarkan ditambah dengan aneka bunga-bunga nan indah. Wah, semakin terasa betapa kebersihan dan keindahan itu sangat dibutuhkan.

Sebaliknya bila tinggal di daerah kumuh, sempit dan dekat dengan keadaan yang kotor. Sungainya kotor hitam kelam dengan menebar bau. Ditambah sampah yang bau karena dibakar. Sebagian sampah yang basah membusuk. Bau dan ingin muntah pasti akan terjadi.

Lingkungan yang seperti itu dikatakan tidak sehat, pasti akan menyebabkan kita merasa tidak betah. Selain tidak nyaman dalam penciuman dan penglihatan, yang utama lingkungan tidak bersih akan mudah mendekatkan kita pada penyakit.

Karena itu…, bersihkan kamar tidur, kamar mandi, rumah, dapur, pekarangan serta peralatan sangat dianjurkan. Peralatan bekas makan harus segera dicuci dibersihkan supaya tidak dihinggapi lalat, apalagi bila musim hujan tiba.

2. Rajinlah membersihkan diri ketika selesai melakukan aktivitas sehari-hari.

Setiap aktivitas yang kita lakukan akan mendatangkan kotoran yang menempel di dalam tubuh. Karena itu, kita diajarkan oleh Islam untuk membiasakan diri membersihkan diri.

Karena itu…., sehabis makan kita harus mencuci tangan. Sebelum tidur biasakan mencucui mulut dan muka. Bahkan diikuti dengan siraman air wudu. Begitu pun begitu bangun tidur segera mencuci muka, menggosok gigi dan mengambil air wudu. Akan lebih nyaman dan segar kalau mandi di pagi hari sekali.

“Hai orang yang berselimut bangunlah, lalu berilah peringatan! Dan Tuhanmu agungkanlah! Dan pakaianmu bersihkanlah!” (QS. Al-Mudatsir [74] :1-4).

X
X