5 Cara Gampang Merawat Kebahagiaan Menetap di Jiwa
Sukron Abdilah
Kamis, Juni 17, 2021, 10:47 WIB
Last Updated 2021-08-29T15:46:40Z
AgamaTips dan Trik

5 Cara Gampang Merawat Kebahagiaan Menetap di Jiwa

Advertisement

Penulis Muhammad Tegar Yulianza

Tidak ada yang tidak ingin bahagia dalam hidupnya. Semua orang pasti menginginkan hidup yang bahagia. Bila pun ada, persentasenya sangat kecil dan dapat disebut ketidaknormalan bila memang ada orang yang tidak ingin bahagia.

Tak sedikit manfaat yang akan didapatkan dari hidup bahagia, salah satunya dapat meningkatkan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kebahagiaan pun dapat menular pada orang lain. Misalnya, salah satu yang dapat membuat kebahagiaan menular yakni melalui senyuman.

Memang terdengar implisit, tapi kenyatannya senyuman dapat membuat orang lain merasa bahagia. Karena ketika tersenyum, itu sama saja dengan kita membagikan aura positif pada sesama. Maka dari itu, perlulah kita selalu merasa bahagia agar dapat menjaga lingkungan agar lebih baik.

Nah, bagaimana cara agar kebahagiaan selalu terawat? Ini dia 5 caranya:

1. Jujur pada diri sendiri


Tidak ada salahnya jujur pada diri sendiri mengenai segala hal yang sedang terjadi. Tak perlu ditutupi, misalnya mengenai suka-duka yang sedang melanda. Dengan begitu, kita tahu posisi dan harus seperti apa memperlakukan diri kita.

2. Mengelola perasaan


Merawat kebahagiaan itu tidaklah gampang. Butuh sedikit effort untuk mendapatkan dan mempertahankannya. Bila lengah sedikit saja, bisa jadi rasa bahagia itu memudar bahkan hilang dari diri kita sendiri. Dengan begitu, kita senantiasa bisa mengelola perasaan yang kita punya. Pun kita akan tetap berada dalam perasaan yang bahagia.

3. Menghilangkan rasa bosan


Poin ini adalah salah satu dari banyaknya penyebab yang dapat menghilangkan rasa bahagia. Perasaan bosan dapat mengganggu rasa bahagia kita. Hal itu karena rasa bosan dapat memicu reaksi diri kita, utamanya emosi, untuk selalu bereaksi buruk, baik itu kepada diri kita sendiri atau pun orang lain.

Bila bosan, kita akan selalu memiliki pikiran negatif, meskipun sebenarnya pikiran itu bisa saja digunakan untuk memikirkan hal-hal baik. Namun, karena kita sudah telanjur larut dalam kebosanan, akhirnya muncullah sebuah tindakan yang dapat mengganggu rasa bahagia yang kita punya.

4. Melakukan hal sederhana


Merawat kebahagiaan itu sebenarnya gampang-gampang susah. Apalagi, sebuah kebahagiaan tercipta bukan oleh orang lain, melainkan diri kita sendiri. Walau begitu, terkadang kita kesusahan dalam merawat kebahagiaan itu.

Sebabnya bukan karena orang lain yang “mengambil” kebahagiaan kita, melainkan kita sendiri tak pandai menjaganya. Padahal, merawat kebahagiaan itu tidaklah susah dan jauh mencarinya. Dengan melakukan hal sederhana pun sebenarnya bisa.

5. Melakukan hobi


Poin ini adalah salah satu contoh sederhana yang dapat merawat kebahagiaan. Ya, menjalankan hobi. Hobi adalah hal dekat dan sederhana yang ketika kita melakukannya pastilah senang.

Ada banyak hobi yang bisa dicoba, bergantung dengan masing-masing orang. Bagi petualang, mungkin merawat kebahagiaannya dengan mendaki gunung-gunung tinggi, seperti Gunung Rinjani, bahkan Puncak Jayawijaya.

Bagi olahragawan, mungkin merawat kebahagiannya bisa dengan bermacam-macam olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, renang, dan lainnya. Lalu, bagaimana dengan pecinta buku? Barangkali merawat kebahagiaannya dengan membaca buku, misalnya Hidup Mau Ngapain? karya Ali Zaenal Abidin atau Shirath karya Tasaro GK.

Bagaimana, siap merawat bahagiamu?
X
X