5 Cara Tentukan Bekerja Sesuai Passion
Sukron Abdilah
Jumat, Juni 18, 2021, 09:43 WIB
Last Updated 2021-08-29T15:46:41Z
EkonomiTips dan Trik

5 Cara Tentukan Bekerja Sesuai Passion

Advertisement

Penulis 
Muhammad Tegar Yulianza

Setiap orang menginginkan passion yang cocok dan nyaman. Bekerja sesuai passion membuat kita senang bahkan cenderung lupa bahwa yang kita lakukan adalah pekerjaan dan dapat menjadikan kita bekerja secara maksimal karena dilakukan dengan penuh kesadaran tanpa paksaan.

Tak jarang orang menghabiskan waktu demi menemukan passion. Bahkan butuh bertahun-tahun untuk memikirkan passion. Pun tak sedikit orang bekerja di sana-sini hanya untuk mencoba dan berharap menemukan passion. Sesusah itukah menemukan passion?

Tak ada rumus baku yang bisa digunakan untuk menemukan passion. Bahkan orang-orang yang telah menemukan passion-nya, terkadang merasa salah ketika sudah berjalan dalam waktu yang lama. Itu membuktikan bahwa passion memang susah didapatkan.

Meski begitu, bukan berarti passion tidak bisa didapatkan. Bila kita gigih dan terus mau mencari, perlahan kita akan menemukan passion yang kita punya. Untuk itu, berikut 5 cara gampang untuk menemukan passion. Yuk, kita resapi!

1. Mulailah


 Ya, yang perlu dilakukan untuk menemukan passion adalah dengan cara memulainya. Terlalu lama berpikir dan mencari cara akan menjadi nihil bila kita tidak mengeksekusinya.

Sebagus apa pun rencana yang telah kita buat, bila rencana itu hanya ada dalam kertas atau pikiran saja, rencana tersebut akan mustahil didapatkan. Maka, cara yang bisa dilakukan adalah segera merealisasikannya.

2. Menentukan Role Model


Sudah tentu, ketika kita sedang merasa bingung karena belum menemukan hal yang pas dengan apa yang kita mau dan sukai, maka yang diperlukan oleh kita yakni mencari role model. Dengan begitu kita akan merasa terbantu dengan hadirnya role model itu.

Setidaknya, role model itu dapat menjadi inspirasi sekaligus referensi mengenai apa yang akan kita lakukan ke depan. Beruntung bila role model tersebut memiliki karakter yang sama dengan kita, sehingga akan tahu apa yang sudah dilewati yang kemudian kita dijadikan cermin agar kita dapat mengambil langkah yang pasti.

3. Kembali ke Masa kecil


 Melihat ke masa lalu tak selamanya buruk. Justru kita bisa menjadikannya sebagai sesuatu yang baik. Contoh: masa kecil adalah masa yang dianggap penuh dengan permainan dan kotor-kotoran, bahkan kita menyepelekan dan menganggap masa itu sebagai masa yang tak memiliki arti.

Padahal, bila kita pikir kembali pada masa sekarang, bisa saja kita merasa ada yang tertinggal di masa itu yakni sebuah hal yang membuat kita senang yang tidak kita dapatkan saat ini. Mungkin saja hal yang membuat kita senang di masa itu adalah passion kita yang luput dari perhatian kita saat ini.

4. Bertanya Pada Orang Dekat


Ketika kita merasa kebingungan mengenai passion, kita bisa bertanya pada orang terdekat mengenai segala hal tentang diri kita. Dengan bertanya, kita akan terbantu sebelum menentukan passion, kendati pendapat mereka tak selamanya memuaskan kita

5. Membaca Buku Pengembangan Diri


 Bila kita kesulitan mendapati orang terdekat karena alasan berbagai hal, mungkin kita bisa mencari tahu diri kita dari sebuah buku. Dengan membaca buku, terutama buku pengembangan diri, kita akan dipandu untuk menemukan passion kita.

Dari bacaan tersebut, tentu saja kita dapat pencerahan mengenai passion yang sedang didambakan, terlebih sang penulis buku itu merupakan orang yang berpengalaman dalam bidang pengembangan diri.

Contoh buku pengembangan diri terkini yang mungkin bisa kita baca, yakni: Hidup Mau Ngapain? karya Ali Zaenal Abidin dan You Do You karya Fellexandro Ruby.

Nah, itulah 5 cara mudah menemukan passion-mu! Semoga, setelah membaca sekilas petunjuk tersebut, kamu segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai renjana atau passion yang selama ini selalu dibayangkan.
X
X