Inilah 5 Jenis Buku yang Kamu Baca

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah 5 Jenis Buku yang Kamu Baca

Senin, 28 Juni 2021 | 13:03 WIB Last Updated 2021-06-28T06:03:47Z

Penulis Muhammad Tegar Yulianza

Bagi sebagian besar orang, membaca buku adalah hal positif dan menyenangkan. Bagaimana tidak, seseorang bisa menghabiskan waktu seharian hanya untuk membaca satu atau banyak buku yang sangat disukainya.

Banyak manfaat yang didapatkan dari membaca buku, di antaranya: membaca buku mampu meningkatkan daya imajinasi seseorang. Ketika seseorang sedang membaca buku, tentu ia akan berimajinasi sesuai dengan apa yang ada di dalam pikirannya.

Selain itu, membaca buku dapat meningkatkan pengetahuan seseorang. Hal itu karena segala hal yang ada dalam buku merupakan hasil temuan, baik dari ilmu, pengalaman, ataupun pengamatan penulis yang dialihkan menjadi sebuah tulisan.

Tak heran, muncul lah sebuah peribahasa “Buku adalah jendela dunia”. Kenapa? Karena semua pemikiran bisa masuk dalam sebuah buku. Oleh karena itu, terkadang di dalam buku pun dapat ditemukan sebuah solusi untuk sebuah permasalahan yang sedang dihadapi.

Seseorang yang tidak membaca buku tentu akan memiliki pengetahuan dan juga pemahaman yang berbeda dibanding dengan seseorang yang senang membaca buku. Nah, bagi kamu yang tak terlalu suka membaca, paling tidak mesti tahu 5 jenis buku di bawah ini. Yuk, baca satu persatu!

1. Fiksi


Bagi seseorang yang senang berimajinasi dengan cerita-cerita yang seru dan kata-kata yang saling berkaitan satu sama lain sehingga menghasilkan sebuah kalimat yang indah, tentu buku fiksi menjadi salah satu pilihan untuk dinikmati.

Tiga jenis buku fiksi: Puisi,  prosa, dan drama. Ketiganya dapat membawa pikiran pembaca pada dunia yang sedang “diciptakan” oleh seorang penulis. Setelah membaca buku tersebut, seseorang akan merasakan keseruan yang menyenangkan karena mtidak dapat ditemukan di kehidupan nyata.

Apa saja contoh dari jenis buku fiksi? Di antaranya: Novel Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, Kumpulan Cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku karya Seno Gumira Ajidarma, Kumpulan Puisi Celana karya Joko Pinurbo, dan Naskah drama Kapai-Kapai karya Arifin, C. Noer.

2. Pengembangan diri


Buku jenis ini merupakan sebuah buku yang biasa dibaca seseorang untuk meng-upgrade dirinya sendiri agar bisa menjadi lebih baik. Tak jarang dengan membaca buku jenis ini, seorang pembaca dibawa untuk ”merenung” dan berintospeksi diri mengenai hal-hal yang telah ia lakukan hingga saat ini.

Contoh buku yang ada dalam jenis ini, di antaranya: Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson, Mestakung: Rahasia Sukses Meraih Impian karya Yohanes Surya, Hidup Mau Ngapain? Karya Ali Zaenal Abidin, The Power of Habit karya Charles Duhigg, dan You Do You karya Fellexandro Ruby.

3. Fiksi ilmiah


Buku jenis ini disenangi oleh orang-orang yang menyukai sains dan teknologi. Hal itu karena di dalam buku tersebut berisi tentang gabungan dua hal itu. Tak jarang gabungan itu membuat sebuah ketakjuban karena menghasilkan sebuah karya yang tidak dapat dibayangkan sebelumnya.

Beberapa contoh buku yang ada dalam jenis ini, di antaranya: Frankenstein karya Mary Shelley, Red Rising karya Pierce Brown, Contact karya Carl Sagan, dan Brave New World karya Aldous Huxey.

4. Biografi


Buku jenis ini biasanya dibaca oleh orang-orang yang kagum pada satu sosok tertentu. Misalnya, tokoh tersebut memang unik. Karena itu hal itulah yang menjadi daya tarik dari buku jenis ini. Selain itu, buku jenis ini pun bisa memutarbalikkan sebuah sudut pandang. Tak aneh bila buku ini banyak disukai oleh para pembaca.

Contoh buku yang ada dalam jenis ini, di antaranya: Buya Hamka karya Haidar Musyafa, Gus Dur karya Greg Barton, Sir Alex Ferguson karya Pirlo Sekundiari, Nelson Mandela karya Peter Limb, dan Elon Musk karya Ashlee Vance.

5. Parenting


Buku jenis ini merupakan sebuah buku yang harus dimiliki dan dibaca oleh para orang tua. Hal itu karena buku ini membahas seluk-beluk perilaku dan juga cara mengatasi sikap yang ditunjukkan oleh anak.

Dengan membaca buku jenis ini diharapkan para orang tua dapat memberikan sikap yang tepat kepada anak sehingga anak pun merasa nyaman dalam asuhan mereka.

Contoh buku jenis ini di antaranya: Teach Like Finland karya Timothy, D. Walker, The Danish Way of Parenting karya Jessica Alexander, Happy Little Seoul karya Retno Hening, dan Strong as A Mother karya Kate Rope.

Siapa tahu, suatu saat setelah kamu mengetahui jenis-jenis buku tersebut kamu tertarik dengan salah satunya. Dengan begitu, kamu tinggal memilih jenis buku yang menjadi kesukaanmu! Selamat membaca, ya!