Pramuka, Kemandirian dan Kepemimpinan
Sukron Abdilah
Jumat, Juni 18, 2021, 09:54 WIB
Last Updated 2021-09-05T10:01:10Z
Pendidikan

Pramuka, Kemandirian dan Kepemimpinan

Advertisement


Penulis Rifa Anggyana, Pembina Pramuka SMAN 1 Bandung 


Pramuka, praja muda karana organisasi yang melatih kemandirian, melatih jiwa kepemimpinan dan kegiatan nya yang identik dekat dengan alam maupun masyarakat, selaras dengan prinsip dasar kepramukaan yakni peduli terhadap bangsa, sesama, makhluk hidup, dan lingkungan.


Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib sekolah, metode kepramukaan yang diberikan pun sangat unik disesuaikan dengan usia peserta didik, peserta didik terdiri dari 4 golongan yaitu golongan siaga rentang usia 7-10 tahun, penggalang rentang usia 11-15 tahun, penegak rentang usia 16-20 tahun dan pandega rentang usia 21-25 tahun.


Keempat tingkatan ini dibagi 3 kelompok pembelajaran yaitu golongan siaga, golongan penggalang serta golongan penegak dan pandega, kegiatan pramuka yang biasanya identik dengan pengenalan terhadap alam berkegiatan dialam terbuka, berkumpul saling mengenal satu sama lain.


Namun bagaimana kegiatan Pramuka di tengah pandemi Covid-19? Apakah masih tetap berjalan seperti biasa nya atau tidak, mengingat pendemi Covid-19 mengharuskan semua orang untuk menjaga jarak dan melakukan aktifitas di rumah saja.


Sebagai ekstrakurikuler wajib sekolah, tentunya kegiatan kepramukaan kini tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan berbagai media alternatif di tengah pandemi Covid-19, untuk mengurangi resiko penularan Covid-19. Walaupun ada beberapa kegiatan pramuka yang dilaksanakan secara offline.


Meskipun kegiatan secara offline tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di tengah pendemi Covid-19 seperti saat ini tak mengurangi eksistensi kegiatan kepramukaan, kegiatan kepramukaan juga dapat dilakukan di rumah. Bagaimana cara nya kegiatan pramuka di rumah?


Pramuka di rumah merupakan salah satu program yang di inisiasi oleh pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Rio Ashadi, program latihan pramuka di rumah ini memanfaatkan teknologi seperti zoom, youtube, dan instagram untuk mengikuti tren yang ada.


Dengan masifnya penggunaan internet mendorong gerakan ini untuk berinovasi memberikan pembelajaran jarak jauh (PJJ) hal ini merupakan suatu upaya untuk memajukan pendidikan serta menambah aktivitas di rumah di tengah pandemi Covid-19.


Bagaimana tips agar tidak mudah bosan melakukan kegiatan pramuka di rumah? Tentunhya ada tips dan triknya agar tidak cepat merasa bosan, kegiatan pramuka yang biasanya di alam terbuka ini menjadi tantangan tersendiri bagi pembina untuk menciptakan suasana belajar di rumah agar sama asiknya dengan kegiatan di luar ruangan. Dengan memanfaatkan media informasi dan komunikasi dengan tepat tentunya pembelajaran pramuka di rumah juga tidak akan membuat jenuh.


Salah satunya dengan mengadakan kegiatan kreasi digital seperti pembuatan yel-yel secara berkelompok menggunakan grup WA, kemudian menguploadnya di youtube, bisa juga menggunakan zoom untuk sesi pembelajaran poin-poin dalam buku syarat ketentuan umum (SKU) yang merupakan buku yang wajib dimiliki oleh setiap anggota gerakan pramuka sebagai prasyarat untuk mendapatkan tanda kecakapan umum.


Dan juga bisa menggunakan media youtube, instagram dan lainnya untuk berkegiatan, mengenal alam dengan pembuatan konten-konten yang mendidik tentang pengenalan alam sekitar rumah, guna menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan pada peserta didik. 


Sumber Artikel: http://beritadisdik.com/news/unggul/pramuka-melatih-kemandirian-dan-kepemimpinan

X
X