3 Tips dari Najwa Shihab Supaya Percaya Diri Tampil Di Muka Umum
Editor Konten
Minggu, Juli 18, 2021, 00:18 WIB
Last Updated 2021-08-29T23:55:15Z
Tips dan Trik

3 Tips dari Najwa Shihab Supaya Percaya Diri Tampil Di Muka Umum

Advertisement

Penulis Cecep Hasanudin, Pedagang Buku

Siapa di antara pembaca yang nge-fans banget dengan Najwa Shihab? Saking nge-fansnya, tentu tak sedikit yang bercita-cita ingin seperti Nana, panggilan akrab putri Quraish Shihab itu, bukan?

Najwa Shihab, barangkali salah satu presenter paling favorit saat ini dan menjadi figur inspiratif yang tak bisa diabaikan. Penampilannya di tivi, terutama di acara Mata Najwa, misalnya sungguh memukau dan membuat kagum pemirsa.

Itu karena, pertanyaan-pertanyaan Nana ke narasumber cukup tajam hingga  membuat sang bintang tamu terkadang ‘kewalahan’ menjawab pertanyaannya.  Hal ini menunjukkan bahwa mantan jurnalis Metro Tv ini cerdas!

Tak heran, alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) ini dinobatkan menjadi perempuan paling dikagumi di Indonesia pada 2020 versi YouGov, lembaga survei independen yang berlokasi di Inggris satu tahun lalu.

Kendati begitu, Najwa Shihab yang sudah 20 tahun terbiasa di depan kamera, ternyata masih nervous ketika hendak on air. Nah, salah seorang pendiri narasi Tv tersebut punya tips manjur agar tak demam panggung dan tetap percaya diri saat di depan kamera. Seperti apa, itu?

Pertama, persiapan harus matang


Ini, sih pasti! Tontonlah setiap tayangan talk show yang dipandu Najwa Shihab. Penampilannya tak sememukau itu bila ia tak punya persiapan matang sebelum tampil. “Itu dengan sendirinya akan mengurangi rasa gugup,” ucap Najwa di akun tiktok narasi.

Kedua, membaca salawat


Bila seseorang mengalami deg-degan, ya itu normal. Dan seorang Najwa Shihab pun pernah merasakannya. “Biasanya kalo lagi deg-degan aku selalu baca salawat. Ini pesen Abi Quraish dan Umi Fatmawati juga,” imbuh Najwa.

Ketiga, membaca surat Al-insyirah


Wah, baru tahu ternyata Najwa Shihab juga pengamal salah satu surat di dalam Al-Quran. Menurutnya, surat tersebut biasa ia baca. "Ada satu surat yang aku biasanya baca berulang-ulang: alam nasyrah (Al-Insyirah), itu surat yang kalau aku baca bisa menimbulkan ketenangan hati. Jadi, itu tipsnya."

Nah, bagaimana? Tips dari Najwa Shihab gampang dipraktikkan, bukan? Yuk dicoba! Dan tetaplah percaya diri.
X
X