3 Langkah Mudah Ciptakan Pagi Hari yang Produktif
Tim Redaksi
Kamis, Agustus 12, 2021, 19:21 WIB
Last Updated 2021-08-29T15:46:40Z
Tips dan Trik

3 Langkah Mudah Ciptakan Pagi Hari yang Produktif

Advertisement


Penulis RIPQI ZDULPIKOR, Owner Penerbit Manggu.

 

Menciptakan pagi yang produktif itu susah-susah gampang, godaan terberat adalah rasa ngantuk. Tidur setelah shalat shubuh memang rasanya nikmat. Kondisi udara yang dingin akan bikin kita mager dan rasanya ingin tetap pakai selimut. Dinginnya udara dan suasana hati yang sedang malas tentu saja akan semakin membuat semangat kita turun, dan akhirnya tercipta rasa ngantuk yang berlebihan.


Beberapa alasan kenapa kamu sering tidur sehabis shalat subuh antara lain karena kamu tidur larut, ngga membiasakan tidur lebih awal. Bisa jadi karena kamu terpaksa begadang untuk mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah. Sehingga di pagi hari kamu akan merasa ngantuk berat dan memutuskan untuk tidur lagi. Hal ini cukup dapat dimaklum karena mengerjakan tugas merupakan hal yang positf.


Alasan lain kamu tidur larut biasanya karena semalam kamu menghabiskan waktu untuk hal yang kurang faedah. Misalnya nongkrong bareng teman, maen game, chatingan sama pacar, video call gebetan, atau bahkan karena kamu stalking instagram mantan. 


Nah, kebiasaan ini yang harus mulai kamu hindari. Karena tanpa kamu sadari, hal itu akan membuat jadwal tidur kamu berantakan.


Kamu tau nggak, ada anjuran untuk tidur di pagi hari/setelah subuh? Ketika mimin di pondok dulu, tidur sehabis shubuh itu dilarang bahkan kalau ada yang tercyduk tidur pagi, si doi akan dihukum dengan cara disuruh memanggul kasur kapuk dan berkeliling lapangan sebanyak 10 putaran. 


Hal demikian dilakukan agar santri tidak membiasakan tidur setelah shalat shubuh sehingga pagi hari bisa diisi aktivitas produktif seperti membaca, menghafal, berolah raga dan lain sebagainya.


Rasulullah SAW bersabda: “Ya Allah, berkahilah bagi umatku pada pagi harinya”. (HR. Abu Dawud).


Seperti yang dilansir galamedia.pikiran-rakyat.com, waktu pagi adalah waktu yang penuh dengan keberkahan dimana orang-orang berbondong-bondong berpergian untuk beraktivitas memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Oleh karenanya, dilarang untuk tidur di pagi hari.


Adapun secara medis sebagaimana dilansir alodokter.com. ada 7 bahaya tidur pagi bagi kesehatan karena akan berakibat penyakit diabetes, obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, mudah lupa, sulit berfikir dan sulit konsentrasi, mood mudah berubah, dan peningkatan risiko kanker.


Tips Ciptakan Pagi Hari Produktif


Ada 3 tips biar pagi kamu produktif dan kamu tidak terbiasa tidur di pagi hari. Tips ini berdasarkan pengalaman mimin loh ya, berikut tipsnya:


1. Atur jadwal tidur biar kamu bisa bangun pagi hari


Membiasakan tidur tepat waktu memang tidak mudah, karena ada banyak godaan di malam hari sehingga kamu memilih untuk tidur larut malam. Mulailah mengurangi aktivitas malam dan biasakan kamu tidur lebih awal, karena dengan demikian porsi tidurmu akan cukup dan ketika bangun shubuh kamu sudah tidak mengantuk.


2. Lakukan wudhu sebelum shalat subuh dengan benar


Biasanya ketika bangun pagi udara sedang dingin, hal itu yang membuat kamu malas berwudhu karena dingin sehingga berwudhu dengan tergesa dan kurang sempurna bahkan asal-asalan.


Mulailah menyadari bahwa wudhu sebelum shalat shubuh itu bisa mempengaruhi produktivitas kamu di pagi hari. ada amalan wudhu yang penting yang jangan kamu lewatkan yaitu istinsyaq dan istinsar, yaitu memasukkan air ke dalam hidung kemudian mengeluarkannya lagi.


Nah kawan, ini pengalaman mimin selama ini, melakukan istinsyaq dan istinsar ketika berwuduh itu bisa membuat kamu cenghar dan rasa ngantuk seketika hilang, kamu lebih segar dan lebih fresh. Silahkan buktikan bedanya.


3. Lakukan Aktivitas Yang Sarat Faedah


Setelah shalat subuh, cobalah kamu lakukan aktivitas yang kiranya bermanfaat dan tidak membuatmu malas. Misalnya membaca mushaf, membaca buku atau berita sambil minum kopi, berolah raga, membersihkan rumah, menyiram tanaman, mencuci motor/mobil, menulis artikel, berbelanja ke pasar, memandikan burung, dan lain sebagainya.


Itulah tips ringan buat kamu yang pengen terbebas dari tidur pagi sehingga pagi hari bisa lebih produktif.


Wallahu a'lam bisshowab.

X
X