Memaknai Kemerdekaan Zaman Now!
Tim Redaksi
Sabtu, Agustus 14, 2021, 09:06 WIB
Last Updated 2021-09-05T10:01:10Z
Pendidikan

Memaknai Kemerdekaan Zaman Now!

Advertisement


Penulis: RIFA ANGGYANA, Pengamat Pendidikan.


Banyak orang yang punya persepsi berbeda-berbeda tentang makna kemerdekaan. Mereka banyak menganggap kemerdekaan itu yakni terbebasnya suatu negara dari penjajah, ada perbedaan tentang arti kemerdekaan zaman dulu dan zaman sekarang.


Pada zaman dulu, arti kemerdekaan itu yakni kita terbebas dari penjajah berjuang dengan cara angkat senjata, rela menumpahkan darah untuk kemerdekaan Indonesia, berjuang mati matian melawan penjajah.


Banyak orang berpikir kemerdekaan itu hanya sebatas kita menang melawan penjajah dan merayakannya setiap tahun untuk mengenang jasa para pahlawan dan merasa sudah tidak perlu lagi untuk berjuang karena kita sudah merdeka.


Namun perlu kita tahu kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan, kita sebagai anak muda harus senantiasa bergerak maju dan berprestasi demi menjaga keutuhan NKRI, hal ini juga dapat diartikan sebagai wujud penghormatan kita terhadap para pahlawan yang rela megorbankan jiwa raga nya demi kemerdekaan ini.


76 tahun silam Indonesia memproklamasikan kemerdekaan nya, pada saat itu Ir. Soekarno membacakan pidato proklamasi dengan penuh rasa haru dan bangga dan momen bersejarah tersebut turut menjadi ujung tonggak bangkitnya kehidupan berbangsa dan bernegara mulai dari aspek kenegaraan, sosial, dan pendidikan.


Kemerdekaan Indonesia mempunyai makna terdalam pada dunia pendidikan semejak masa penjajahan akses pendidikan bagi masyarakat Indonesia sangat terbatas dan mungkin sangat susah dulu orang Indonesia yang ingin mengenyam pendidikan mereka harus berjuang dengan tangguh dan menempuh jarak yang begitu jauh demi bisa belajar. Dan hal ini wajar karena pendidikan merupakan perlawanan terhadap penjajah.


Berkat pendidikan lah yang melahirkan para intelektual muda seperti Dr. Soetomo dan Ki Hajar Dewantara yang menjadi motor penggerak pemuda Indonesia hingga akhirnya berhasil merebut kemerdekaan dari para penjajah.


Maka di tahun-tahun awal kemerdekaan Indonesia, negara bergerak membangun sektor-sektor pendidikan untuk bangsa Indonesia dan pada saat itu sektor pendidikan di Indonesia berkembang pesat.


Lembaga pendididkan tinggi mulai tumbuh pesat nama kampus yang semula mengadopsi bahasa belanda pun perlahan dirubah. Tingginya angka pertumbuhan institusi pendidikan juga berdampak pada semanagat warga nya untuk mengenyam pendidikan ke jengjang yang lebih tinggi.


Arti kemerdekaan di masa sekarang yakni kita bebas mengenyam pendidikan dapat belajar dengan tenang mendapat akses yang sangat mudah.


Hal ini adalah komitmen bangsa Indonesia yang tertuang dalam rumusan pembukaan UUD NRI 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, gagasan menjadikan pendidikan sebagai cita-cita luhur bangsa Indonesia tersebut berasal dari Ir. Soekarno jauh sebelum Indonesia merdeka, cita-cita nya akan pendidikan bagi rakyat agar terbebas dari belenggu kebodohan dan penjajahan.


Tentu nya hal itulah yang menjadikan semangat untuk anak muda zaman sekarang sudah sepatutnya serta mengisi kemerdekaan dengan menuntut ilmu, menumbuhkan rasa semangat belajar.


Pada masa sekarang akses belajar mendapat banyak kemudahan instansi pendidikan menjamur di berbagai perguruan tinggi begitupun berkembang pesat di Indonesia dengan kuwalitas pendidikan yang luar biasa dan kita hanya tinggal memilih saja dalam hal mengenyam pendidikan sesuai minat dan kemampuan kita.


Hal ini menjadi sebuah semangat untuk bangsa ini dengan berkembang nya pendidikan dan semangat dari warga nya dapat terus bergerak maju membawa Indonesia lebih dikenal lagi di negara-negara lain sebagai bangsa yang berprestasi. 


Arti merdeka adalah ketika merah putih berkibar di negara lain dan  lagu Indonesia Raya di kumandangkan sebagai tanda kemenangan atas prestasi yang ditorehkan dan disaat para anak muda berprestasi diakui dunia itulah arti kemrdekaan pada zaman sekarang.

X
X